Sabtu, 09 Maret 2019

Jual Bibit Kesumba Keling ( Bixa Orellana )

Bibit Kesumba Keling 
( Bixa Orellana )



Kesumba Keling ( Bixa Orellana ) adalah salah satu tanaman pewarna alami yang bisa dimanfaatkan untuk mewarnai makanan, minuman, kosmetik ( lipstik, cat kuku ) dan kain Batik.

• Pewarna makanan dan minuman.

Kelebihan tanaman penghasil warna jingga atau orange ini jika dipergunakan mewarnai makanan dan minuman, minim sekali meninggalkan aroma minyak atsiri, berbeda dengan kunyit yang masih dapat tercium bau kunyitnya.

• Bahan pewarna kosmetik

Tanaman yang bernama latin Bixa Orellana ini juga disebut lipstik tree karena telah dipergunakan sebagai pewarna bibir sebelum lipstik kimia diproduksi.

• Pewarna textile / kain, Batik



Kesumba Keling sangat dikenal di kalangan seniman batik yang menggunakan pewarna alami. Batik yang menggunakan pewarna alam sangat ramah lingkungan. Limbah proses pewarnaan mudah terurai oleh tanah, bahkan ampasnya ( kulit,daun, kayu sisa ekstraksi ) menjadi kompos.
Batik pewarna alam juga menjadi herbal bagi tubuh si pemakainya.

Bunga Bixa Orellana memiliki warna dan bentuk yang indah buahnya unik berwarna merah, buahnya menyerupai buah rambutan namun berbentuk hati.




Zat pewarna diambil dari selaput bijinya yang mengandung banyak senyawa bixin.















Rejonursery menyediakan :

• Biji Bixa Orellana ( sebagai benih atau bahan pewarna batik )  dan,

 • bibit siap tanam berasal dari biji.

WA : 082232199010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jual Bibit Lidah Buaya

Jual Bibit Lidah Buaya ( Aloe Vera ) Asal bibit : pisah anakan Harga Rp 5000, -/ batang ( kondisi/ besar tanaman sesuai gambar ) Harg...