Minggu, 03 Juni 2018

Tanaman Trenggulun ( Protium Javanicum Burm )

Trenggulun
( Protium Javanicum Burm )

Nama pulau Jawa,  terabadikan dalam nama ilmiahnya, yakni Protium Javanicum Burm, di beberapa daerah, populasi tanaman khas yang mendiami pulau Jawa sudah banyak yang berkurang bahkan tergolong langka.

Di desa saya sendiri, dari hasil  penyisiran terakhir yang saya lakukan hanya menemukan satu batang pohon, berlokasi di empang yang sudah dikavling dan sebagian sudah dibangun rumah. Lokasi tumbuhnya saya dapat dari informasi pencari rumput.
Sebelum pencarian,  saya yakin, tanaman ini memang ada di daerah saya karena masih teringat ketika kecil dulu pernah mencicipi buah pohon yg kebetulan  tumbuh besar dan menjulang tinggi , berdiri di tanah yang tak jauh ditumbuhi tanaman Rukem ( juga langka di daerah saya ) di dekat tanah makam.

Keadaan tanaman telah ditebang dan tinggal pangkal/ bonggolnya saja, namun telah  tumbuh cabang baru.







Hampir setengah hari saya lakukan penggalian dan berhasil saya angkat kemudian memindah ke tempat pembibitan saya. Tentu sudah ijin kepada pemilik tanah dimana tanaman itu tumbuh.
Beberapa Minggu sebelum saya gali, saya cangkok salah satu cabang yang besar karena sayang, ketika pemindahan nanti harus dikurangi/ dipotong batang tersebut untuk mengurangi proses penguapan yang berlebihan agar tanaman tidak stres dan mampu bertahan hidup hingga  tumbuh tunas dan akar baru.






Bisa Anda saksikan di video dan foto berikut,  kondisi pohon setelah beberapa Minggu saya lakukan penanganan khusus supaya tidak stres dan tumbuh normal pasca pemotongan akar besar dan pemotongan cangkok.

Berikut spesifikasi tanaman Trenggulun dari beberapa sumber.
Trenggulun (Protium javanicum Burm.)

Sinonim :
Amyris protium L.
Protium zollingeri Engl.

Nama umum

Indonesia: Trenggulun, trenggulon, kayu bawang (sunda), kayu pahit (Bengkulu)

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Sapindales
Famili: Burseraceae
Genus: Protium
Spesies: Protium javanicum Burm.

Pohon trenggulun mempunyai batang yang kokoh dan kuat namun berduri. Pada masa pertumbuhan, duri tanaman  ini muncul tunas dan bisa tumbuh menjadi cabang.
Daunnya mengandung minyak astiri yang berbau khas.
Daun trenggulun memiliki beberapa kandungan zat atau senyawa aktif, berdasarkan hasil penelitian tentang kandungan daun yang telah di jadikan minyak astiri diketahui terdapat senyawa penting. Adapun zat aktif tersebut antara lain: pinene (16,85%), myrcene (1,53%), phellandrene (45,34%), p -cymene (5,60%), limonene (15,70%), ocimen (0,34%), bicyclogermacrene (1,61%),elemene (2,27%), caryophyllene (7.90%), humulene (0,88%) , germacrene (1,50%), spathulenol (0,23%) dan caryophyllene oksida (0,24%).
Dan dari kandungan senyawa tersebut ada empat unsur yang diketahui memiliki potensi sebagai pengendali hama, zat tersebut adalah Empat dari senyawa yang terdeteksi seperti: pinene, Myrcene, limonene dan caryophyllene. Senyawa tersebut telah dikenal memiliki aktivitas untuk menekan nafsu makan juga sebagai penolak terhadap beberapa serangga.
( Ref.dari berbagai sumber)
Pohon juga memiliki buah kecil - kecil seperti anggur dan berwarna merah. Rasa buahnya manis masam kalau buahnya berwarna merah cerah, dan kalau matang berasa manis, warna buahnya berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Buah trenggulun berkhasiat untuk mencegah seriawan namun bagi yang belum mencicipi sama sekali akan terkena efek samping dari buah trenggulun yaitu tenggorokan terasa gatal. namun efek samping ini hanya bersifat sementara.


Pohon yang tumbuh didataran rendah sekitar 35 meter dpl sampai 251 meter dpl berkayu keras ini digunakan untuk posting, katrol-blok, gagang perkakas dan palu kayu. Ini menghasilkan kualitas arang yang baik. Dipakai untuk gagang keris dan kerajinan lainnya seperti gelang, tasbih, dsb.

2 komentar:

  1. Saya mau bli bibit pohon trenggulun gmn caranya nie?

    BalasHapus
  2. Sedia bibit trenggulun. Majapahit agro, abiansemal. WA.081246184666

    BalasHapus

Jual Bibit Lidah Buaya

Jual Bibit Lidah Buaya ( Aloe Vera ) Asal bibit : pisah anakan Harga Rp 5000, -/ batang ( kondisi/ besar tanaman sesuai gambar ) Harg...